RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
SMP
Mata
Pelajaran: Matematika
Kelas : IX (Sembilan)
Semester :
1 (Satu)
A. Standar Kompetensi : GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan
masalah
B. Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang
sebangun dan kongruen
C. Indikator : 1.1.1 Menuliskan
sifat-sifat dua bangun datar yang sebangun dan
yang
kongruen.
1.1.2
Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun dan yang kongruen
D.
Alokasi Waktu : 5 x 40 menit (2 pertemuan).
E.
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat Menuliskan
sifat-sifat dua bangun datar yang sebangun dan yang
kongruen.
2. Siswa mampu Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun dan
kongruen
F.
Materi Ajar
Kesebangunan
G.
Sumber/bahan/alat
1. Buku teks
2. Garis bilangan
H. Strategi Pembelajaran
Model Pembelajaran : Pengajaran Langsung/Direct Instruction
Pendekatan Pembelajaran : Contextual Teaching Learning (CTL)
Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, dan
pemberian tugas.
I. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan pertama
a.
Kegiatan awal (10 menit)
Fase 1:
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
a.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik metode pembelajaran yang digunakan.
b.
Kegiatan Inti ( 100 menit)
Fase 2:
Mendemonstrasikan keterampilan atau mempresentasikan Pengetahuan(40 menit)
a. Guru mengingatkan
kembali sedikit materi dari pertemuan sebelumnya tentang contoh bangun datar.
b.
Dengan
berdialog/tanya jawab, siswa diminta menyebutkan contoh bangun datar yang ada
dalam kelas.
- Bersama guru, siswa mendiskusikan kaitan materi kesebangunan dengan kehidupan sehari-hari (misal : foto dengan bingkainya)
- Siswa dibentuk dalam beberapa kelompok diskusi masing-masing 4 kelompok.
- Dalam diskusi kelompok masing-masing, siswa diharapkan dapat Menyebutkan bangun-bangun yang sama dan sebangun yang ada dalam kelas atau dalam kehidupan sehari-hari.
- Membuat satu atau lebih pertanyaan yang ditujukan untuk kelompok lain.
- Dalam diskusi kelas, siswa dalam kelompok itu diharap ikut aktif membangun siswa yang menjawab soal dari kelompok lain.
- Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal, pada buku
Fase 3: Membimbing
pelatihan(30 menit)
Guru dan Peserta didik secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai contoh bangun datar
Fase 4: Memberikan kesempatan untuk pelatihan
lanjutan dan penerapan (30 menit)
a.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku
paket mengenai
dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
b.
Guru
menunjuk beberapa orang siswa untuk mempresentasikan hasil jawabannya di
depan kelas dan siswa yang lain mencocokkan jawabannya.
c.
Kegiatan Akhir (10 menit)
a.
Dengan
bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
b.
Guru
memberikan tugas masing-masing kelompok membuat alat peraga untuk
didemonstrasikan pada pertemuan berikutnya
2. pertemuan kedua
a. Kegiatan awal (5
menit)
Fase 1: Menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan siswa
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik metode pembelajaran yang digunakan.
c.
Kegiatan Inti ( 70 menit)
Fase 2: Mendemonstrasikan keterampilan atau mempresentasikan
Pengetahuan
a. Guru Membahas tugas, mengingat kembali materi kesebangunan , dan mengumpulkan peraga-peraga yang dibuat oleh
kelompok.
b. Perwakilan dari masing-masing kelompok 1 orang
diminta untuk mendemonstrasikan peraga yang sudah dibuat.
c.
Kelompok
lain diminta tanggapannya atas peraga yang dibuat kelompok lainnya, apakah
peraga tersebut sudah memenuhi syarat-syarat kesebangunan, sama dan sebangun
atau tidak.
d.
Guru
memberikan evaluasi dan melakukan penilaian.
e.
Guru
memberikan contoh menghitung panjang sisi dari dua bangun yang kongruen dari
dua bangun yang sebangun.
f.
Siswa
mengerjakan latihan soal-soal pada buku
d.
Kegiatan Akhir (5 menit)
a. Guru membimbing siswa untuk merangkum materi
pelajaran.
b. Guru memberikan soal-soal evaluasi yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (soal-soal penerapan)
J. Alat Dan Sumber Belajar :
a.
Model bangun
datar dari karton
c.
Papan
berpetak
d.
Buku teks (buku paket Matematika SMP kelas IX)
e.
Buku
penunjang
K.
PENILAIAN
1.
Teknik :
kuis, tes
2.
Bentuk
instrumen : Pertanyaan lisan & Soal tertulis
Watampone, 22 Desember 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(___________________)
|
|
Mahasiswa,
(Hasanal Mutmainnah)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar