Tugas Kelompok
Workshop Dosen: Sirwanti
S.Pd., M.Pd.
LAPORAN
ALAT PERAGA LIMAS
SEGI EMPAT
O
L
E
H
Hasanal Mutmainnah
513004
Matematika
Kelompok 1
Semester VI (Enam)
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (STKIP)
Muhammadiyah Bone
T.A.
2016
ALAT PERAGA BILANGAN BULAT
Tujuan : Dapat
membantu siswa untuk menemukan rumus dari Volume Limas dengan kubus sebagai
dasar penentuan rumusnya melalui alat
peraga ini.
Teori :
Pengertian alat peraga pendidikan adalah merupakan segala sesuatu
yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran,
perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya
proses belajar pada diri siswa.
Menurut
Zoltan P. Dienes mengatakan bahwa setiap konsep matematika dapat dipahami
dengan baik apabila disajikan dengan bantuan berbagai media pembelajaran yang
konkrit kepada peserta didik. maka alat peraga sangat berperan besar dalam
proses tersebut. Alat peraga yang sudah ditemukan dalam pembelajaran matematika
sangat beraneka ragam.
1.
Alat dan Bahan :
a.
Kertas
kuarto
b.
Kertas
berwarna/kertas mar-mar
c.
Gunting
d.
Polpen/pencil
e.
Penggaris/mistar
f.
Lem
kertas
2.
Cara Membuat:
Saya akan membuat kubus dengan
ukuran sisi 20 cm, tinggi limas adalah setengah dari sisi kubus yaitu 10 cm.
Untuk tinggi segitiga pada limas adalah 10√2.
1) Gambarlah jaring-jaring kubus pada
kertas kuarto berwarna dengan panjang sisi 20 cm.
2) Gambarlah 6 jaring-jaring limas
persegi pada kertas kuarto (tidak dengan alasnya). Dengan ukuran sisi alas
limas 20 cm dan tinggi 14,14 cm.
3) Gunting jaring-jaring kubus dan
jaring-jaring limas tersebut.
[
4) Bentuklah jaring-jaring limas yang
sudah digunting menggunakan lem kertas sehingga dapat terbentuk seperti pada
gambar di bawah ini
5) Kemudian agar terlihat lebih
menarik, bungkus limas menggunakan kertas warna-warni
6) Setelah keenam limas sudah selesai dibuat,
selanjutnya rekatkan atau tempel masing-masing limas pada setiap luas bidang
jaring-jaring kubus yang sudah dibuat dengan menggunakan lem.
7) Setelah selesai maka bentuklah kubus
berisi 6 limas persegi
8) Dan terakhir buatkan penutup dari
kertas kuarto seperti pada gambar di bawah ini.
3.
Kegunaan/ Tujuan pada Pembelajaran
a.
Kubus ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran
matematika untuk mencari rumus volume limas yang dapat dibuktikan dengan volume
kubus
b.
Alat peraga ini juga dapat membantu siswa dalam menentukan
1) Jumlah limas pada kubus
2) Membandingkan tinggi limas dan
tinggi kubus
3) Menentukan panjang sisi alas limas
4) Menentukan volume dari lima
4.
Cara Menggunakan
Dari
alat peraga tersebut dapat kita peroleh:
1. Berapa banyak limas yang dapat membentuk kubus? Yaitu 6 buah limas
2. Berapa tinggi limas tersebut jika dibandingkan dengan tinggi kubus? Tinggi limas = 1/2 Tinggi kubus
3. Berapa panjang sisi alas limas? Panjang sisi alas limas = Panjang sisi alas persegi
4. Berapakah Volume dari Limas tersebut?
=> Jika volume masing-masing limas pada gambar adalah ‘V’ maka volume enam buah limas sama dengan volume kubus, sehingga diperoleh hubungan berikut.
Volume 6 limas = Volume kubus
6V = s x s x s
= ( s x s ) x s
= ( s x s ) x ( 1/2s x 2 ), jika s x s = L dan ½ s = t
= L x t x 2
6V = 2 Lt
Volume 1 limas adalah 6V = 2 Lt
V = 2/6 Lt
= 1/3 Lt
1. Berapa banyak limas yang dapat membentuk kubus? Yaitu 6 buah limas
2. Berapa tinggi limas tersebut jika dibandingkan dengan tinggi kubus? Tinggi limas = 1/2 Tinggi kubus
3. Berapa panjang sisi alas limas? Panjang sisi alas limas = Panjang sisi alas persegi
4. Berapakah Volume dari Limas tersebut?
=> Jika volume masing-masing limas pada gambar adalah ‘V’ maka volume enam buah limas sama dengan volume kubus, sehingga diperoleh hubungan berikut.
Volume 6 limas = Volume kubus
6V = s x s x s
= ( s x s ) x s
= ( s x s ) x ( 1/2s x 2 ), jika s x s = L dan ½ s = t
= L x t x 2
6V = 2 Lt
Volume 1 limas adalah 6V = 2 Lt
V = 2/6 Lt
= 1/3 Lt
Jadi Rumus:
Volume limas = 1/3 x L x t
Keterangan:
L = luas alas
t = tinggi limas
Kesimpulan:
Alat peraga pendidikan adalah merupakan segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan,
perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar
pada diri siswa.
Alat Peraga Limas dan
Kubus ini dapat
dijadikan sebagai media pembelajaran matematika untuk mencari rumus volume
limas yang dapat dibuktikan dengan volume kubus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar